ads

Banyak sekali kata2 bijak Islami yang tersebar di berbagai media, terutama media sosial. Makna mendalam dari kata-kata mutiara Islami bisa menginspirasi bagi siapapun. Selain itu rangkaian kata indah ini juga mampu digunakan sebagai media untuk syiar agama Islam. Siapa yang tidak luluh ketika mendengar kalimat indah seperti kata mutiara? Beberapa berpendapat jika menasehati orang akan lebih mudah dengan jalan halus ketimbang harus ceramah panjang lebar. Meskipun rangkaian kata ini cenderung singkat, tapi maknanya cukup dalam. Tidak semua kata mutiara sesuai keinginan kita. Jadi kali ini kami akan pilihkan beberapa yang terindah.

Kata-kata Bijak Islami Tentang Wanita Sholehah

 

Jilbab dalam Islam adalah perintah yang diwajibkan untuk para wanita muslim. Hijab merupakan simbol ketaatan, kesopanan, dan kehormatan bagi setiap wanita. Dengan wanita mengenakan jilbab diharapkan para pria mampu berperilaku baik terutama soal pandangan. Memang tidak ada satu pria pun yang tidak luluh dengan kecangtikan dan keanggunan wanita. Namun apakah makna kecantikan? Apakah melulu tentang paras ayu saja? Jawabannya tentu tidak. Cantik tidak hanya molek, ayu, dan manis saja. Tapi juga imbas dari kecerdasan, tingkah laku, serta budayanya. Termasuk cantik yang selalu taat pada aturanNya, yakni mengenakan hijab. Karena itu, akan disertakan beberapa kata2 bijak Islami tentang wanita sholehah agar kecantikan tidak salah definisi lagi.

Kata-kata Bijak Islami Wanita Sholehah Dan Artinya

“Hijab tak sekedar pelindung bagi wanita melainkan menggambarkan seberapa besar kekuatan dan keindahan dirinya.” Artinya, hijab memang diwajibkan untuk dikenakan wanita baliq agar menutupi auratnya sehingga terhindar dari hal-hal buruk. Selain itu, jilbab juga mencerminkan jati diri kita sebenarnya. Kemudian ada kata2 bijak Islami tentang wanita sholehah yang berbunyi, ”Dibalik seorang pemimpin yang besar ada wanita yang hebat yang setia menemaninya.” Maksud kata bijak yang sangat sering kita dengar ini adalah dukungan seorang istri yang setia, akan membawa kesuksesan pada suaminya. 

 

Kata2 bijak Islami yang menceritakan wanita sholehah berikutnya adalah, ”Islam memuliakan wanita laksana raja yang mencintai ratunya, Ibu yang menyayangi anaknya, dan Tuhan yang mengasihi hambanya. “Wanita muslimah yang baik akhlaknya dan bijak pembawaannya laksana mutiara dilangit ketujuh, tak sembarang orang bisa melihat dan menyentuhnya. “Mereka yang mengatakan bahwa perempuan harus diperebutkan adalah salah besar. Wanita bukan untuk diperebutkan melainkan diperjuangkan. “Lelaki sholeh akan memilih wanita yang mampu menyejukan hatinya layaknya tetesan embun.” Maksud kata-kata bijak tentang wanita sholehah ini kira-kira, jadilah wanita yang berakhlak baik agar mendapatkan pasangan yang baik pula. 

“Renungkanlah.. Aku tidaklah sehebat dan semulia Khadijah, juga tidak setaqwa Aisyah, dan tidak setabah Fatimah. Aku hanyalah wanita akhir zaman, yang memiliki cita-cita menjadi wanita sholehah.” Arti kata2 bijak Islami ini adalah setiap wanita mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada yang sempurna dan punya kelebihan yang sama. “Tahta, kata, dan wanita. Tiga hal yang menjadikan pria terlihat berkarisma.” Maknanya, mempunyai pendamping hidup istri sholehah tentunya akan membahagiakan dan membanggakan. Satu lagi kata-kata bijak tentang wanita sholehah yang penting dipahami, “Sebuah bangsa yang kokoh akan hancur jika wanita-wanitanya bejat dan melampaui batas.” Artinya, seorang wanita terutama ibu adalah madrasah utama bagi anak-anaknya. Jika yang dianut saja tidak berperilaku baik, bagaimana generasi penerusnya?

Kata-kata Bijak Islami Tentang Pernikahan

Kata2 bijak Islami mengenai pernikahan merupakan rangkaian kata yang memiliki kekuatan makna mendalam. Kata-kata ini sengaja dirangkai untuk memberi bekal berbeda bagi siapa saja yang akan melaksanakan pernikahan, khususnya pernikahan Islami. Pernikahan merupakan momen sakral dan sangat berharga bagi setiap insan. Dalam Islam, pernikahan merupakan wujud dari penyatuan dua insan manusia yang saling mencintai dengan konsep yang sesuai ajaran Islam. Untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca beberapa kata2 bijak Islami tentang pernikahan berikut ini. Kata-kata bijak ini disusun dengan indah dan tentunya berkaitan dengan kebahagiaan.

Kata-kata Bijak Islami Tentang Pernikahan dan Maknanya

Kata2 bijak Islami tentang pernikahan yang pertama berbunyi, “Berawal dari ta'aruf (saling mengenal), berlanjut dengan akad nikah, berakhir dengan pertemuan di surga, sungguh indah rasanya pernikahan.” Maknanya, pernikahan secara Islami berawal dari ta'aruf karena Islam melarang kita untuk pacaran. Jika serius anda bisa langsung melamar tanpa harus melakukan maksiat melalui pacaran. Kemudian ada lagi, “Menikah itu sangatlah manis saat baru dimulai, tapi lebih manis lagi kalau tidak pernah berakhir.” Artinya, memang bukan menjadi rahasia umum jika masa awal pernikahan sangat indah karena kita belum tahu kekurangan pasangan. Maka seterusnya dibutuhkan pengertian untuk tetap bertahan dalam ikatan pernikahan.

 

“Jangan pernah takut menikah hanya karena belum bekerja, sebab Allah telah menyimpan sejuta pekerjaan setelah pernikahanmu.” Arti dari kata2 bijak Islami tersebut yakni Allah akan melipatgandakan rejekimu setelah menikah. Jadi jangan takut jatuh miskin atau tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga. Pepatah bilang, “Saat pasanganmu marah, hadapilah ia dengan hati yang damai. Dengan demikian kemarahannya akan menjadi bumbu berharga dalam pernikahan anda.” Kata-kata bijak ini sangat cocok untuk anda yang sudag lama menikah. Jika pasanganmu marah jangan sekali-kali menanggapi dengan emosi. Hal tersebut justru akan menimbulkan masalah yang lebih besar. Mengalah dan redam emosinya dengan kasih sayang.


“Pernikahan itu adalah gerbang menuju kebahagiaan. Tapi jika anda ingin sampai pada dunia kebahagiaan, anda masih harus berjuang mendapatkannya.” Maksudnya, untuk mempunyai keluarga yang bahagia hasil dari pernikahan anda dan pasangan tentu anda harus melalui beberapa perjuangan. Hal tersebut tidak mungkin terwujud tanpa usaha. Kata2 bijak Islami, “Pernikahan yang diawali dengan cinta akan berakhir dengan perpisahan dengan kebencian jika anda tidak rajin menjaga rasa cinta tadi. Memang rasa cinta itu besar di awal, tapi anda dan pasangan diwajibkan untuk selalu menjaga rasa cinta tersebut selamanya. 

Kata2 bijak Islami mengenai pernikahan yang berikutnya seperti, “Pernikahan adalah tempat kita menyimpan amarah dan duka juga tempat kita mengekspresikan cinta dan kesetiaan. “Jika kau tanya kenapa aku memilihmu, itu karena Allah memberiku cinta yang ditujukan kepadamu. Lalu ada pula, ” Aku bersyukur kepada Allah yang mempertemukanku dengan pasangan hati. Maka bukalah pintu rizki kami dan berkahilah kami dengannya. Yang paling utama adalah, “Menikahlah untuk menyempurnakan separuh agamamu.” Seberapa pun kuatnya kita beribadah namun separuh agama kita masih tergadai, dan hanya dengan menikahlah kita dapat menebusnya. 


Kata2 bijak Islami masih banyak sekali yang bisa anda temukan. Beberapa contoh diatas hanya sebagian kecil saja. Meskipun demikian semoga kata-kata bijak tersebut dapat memberikan makna yang berarti bagi kehidupan anda selanjutnya. Dan semoga kata-kata bijak Islami tersebut dapat menjadi motivasi dan semangat untuk berhijrah.
Show comments
Hide comments
0 Komentar untuk : Kumpulan Kata-Kata Bijak Islami Untuk Motivasi Hidup