Ada 2 hakikat bagig sholat yaitu
hakekat lahir dan hakikat batin. Sholat seseorang itu akan di anggap sempurna,
melainkan dengan memadukan kedua hakekat ini sekaligus.
Adapun hakekat lahir itu ialah :
berdiri, membaca alfatihah, rukuk, sujud, dan yang semisal seperti itu dari
tugas-tugas sholat yang lahir.
Sedangkan hakekat batin nya ialah
khusuk, hadir hati, ketulus ikhlasan yang sempurna, meneliti dan memahami
makna-makna bacaan nya, tasbih dan yang semisalnya itu dari tugas-tugas sholat
yang batin.
Tugas Sholat lahir dilakukan oleh
bagian anggota badan. Sedangkan tugas sholat batin menjadi bagian hati dan
kerahasian nya. Hati dan kerahasiaan nya di dalam inilah yang menjadi perhatian
Allah pada setiap hamba nya.
Imam ghazali berkata : “perumpamaan
orang yang mendirikan sholat secara hakekat lahir saja dengan engabaikan
hakekat batin nya, ibarat seseorang yang menghadiahkan seorang putrid cantik
yang sudah mati, tidak bernyawa lagi, kepada seorang maharaja agung. Dan
perumpamaan orang yang lalai dalam mendirikan hakekat sholatnya yang lahir,
ibarat seseorang yang menghadiahkan seorang putrid cantik yang putus kaki
tanngannya dan buta pula matanya, kepada seorang raja. Kedua orang ini akan di
murkai oleh raja disebabkan oleh hadiahnya. Mereka akan di siksa dan dianiaya
oleh raja, karena menghina kedudukan raja dan mengabaikan haknya.”
Selanjutnya imam ghazali berkata
: “ perumpamaah itu sama dengan anda yang menghadiahkan sholat kepada Tuhan.
Waspadalah, jangan anda menghadiahkan sholatmu dengan sifat-sifat itu, sehingga
anda patut menerima siksaan Allah swt
0 Komentar untuk : Hakikat Sholat Lahir dan Batin