ads

Kata-kata cinta islami adalah sebuah ungkapan cinta yang sejatinya mengajak kepada kebaikan karena terdapat unsur islami di dalamnya. Cinta yang sejati adalah cinta seorang hamba pada Allah SWT sebagai Tuhan seluruh alam. Walaupun secara luas, cinta memiliki banyak macam pengertian dan kepada siapa cinta itu diungkapkan. Jika ditelisik lebih dalam, cinta yang sebenarnya bukan hanya sebuah ungkapan, namun juga disertai dengan perbuatan. Sebuah perbuatan cinta tersebut tak lain terbentuk karena sebuah hubungan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar terdapat dua kelompok besar sebuah hubungan yaitu hablum minallah dan hablum minannas.

Kata Kata Cinta Islami

Pengertian Dan Implementasi Hablum Minallah

Hablum minallah mengandung pengertian hubungan kita sebagai hamba dengan Allah sebagai pencipta. Hubungan jenis ini disebut dengan hubungan vertikal. Setiap manusia, hendaknya selalu menyadari bahwa tak memiliki kekuatan dan daya apapun kecuali tanpa pertolongan Allah. Hubungan manusia dengan Allah harus selalu di jaga dengan baik karena hal ini merupakan kewajiban kita sebagai seorang muslim karena hal ini merupakan tanda cinta kepada Allah. Dengan demikian, kata-kata cinta islami juga bisa kita ucapkan saat berdoa sebagai ungkapan kecintaan kita kepadaNYA. Doa adalah bentuk ungkapan, komunikasi kita dengan yang Maha Kuasa.

Kata Kata Cinta Islami

Kata-kata cinta islami janganlah di salah gunakan untuk hal-hal yang tidak baik apalagi di dalamnya terdapat unsur islami. Utamakan lebih dulu cinta kepada Allah dari pada kepada yang lainnya karena jika hal ini diutamakan, maka cinta yang lain juga mengikutinya. Pengertian hablum minallah secara syari'ah adalah perjanjian dari Allah yaitu masuk Islam dan beriman pada Allah, percaya bahwa Allah Esa sebagai jaminan keselamatan di dunia dan akhirat. Lalu, apakah ini hanya sekedar hubungan saja? tentu saja tidak karena hubungan yang baik adalah yang disertai dengan perbuatan-perbuatan baik pula, terlebih hubungan tersebut adalah hubungan kita dengan ALLAH.

Kata Kata Cinta Islami

Hablum minallah tersebut harus dibuktikan dengan ketaatan terhadapNYA dengan melaksanakan segala perintahNYA dan menjauhi segala laranganNYA. Melakukan perintah misalnya melakukan ibadah-ibadah wajib dan sunnah. Contohnya saja ibadah sholat, sebagai seorang muslim-muslimah, sholat ini janganlah ditinggalkan karena di dalam sholat banyak mengandung faidah. Bukan hanya itu, di dalam sholat, manusia akan merasa lebih dekat dengan Allah karena di dalamnya banyak mengandung kata-kata cinta islami atau doa keselamatan untuk kita. Dengan demikian, sangat di sayangkan sekali jika seorang muslim meninggalkannya sehingga ia tidak juga mengenal kata-kata cinta islami kepada Allah di dalam setiap bacaan sholat.

Kata Kata Cinta Islami

Sholat yang didalamnya adalah doa memiliki faidah yang sangat besar. Doa tersebut yang harusnya kita ketahui lebih dalam dan bisa kita jadikan kata-kata cinta Islami sebagai penghambaan kita padaNYA. Salah satu contoh faidah sholat yang didapatkan yaitu rasa damai dihati. Manusia yang dalam hidupnya dekat dengan Allah, maka tentu akan merasa damai. Kedamaian adalah sesuatu yang mahal harganya, apalah arti kekayaan kalau kita tak merasa damai. Dengan kita dekat dengan Allah, maka kedamaian tersebut akan dapat kita rasakan dihati kita masing-masing yang mana hal itu tak dapat dirasakan oleh orang lain.

Pengertian Dan Implementasi Hablum Minannas

Hablum minannas adalah hubungan antara manusia dengan manusia lainnya atau dengan sesamanya. Islam adalah agama yang indah. Dalam islam untuk menjadi seorang muslim dan muslimah yang baik juga tidak hanya sekedar beribadah saja, namun juga memperhatikan hubungannya dengan sesama. Hal inilah yang disebut dengan manusia sebagai makhluk sosial. Berbicara tentang cinta pada poin ini adalah cinta kita kepada sesama manusia karena hal ini juga menjadi anjuran dalam islam. Kata-kata cinta islami kepada sesama bisa kita ungkapkan misalnya kepada saudara, sahabat, tetangga dan sebagainya.

Kata Kata Cinta Islami
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kata-kata cinta islami bukan hanya yang diungkapkan saja, melainkan juga apa yang kita doakan karena itulah wujud cinta yang sebenarnya. Sesama orang islam hendaklah saling menyayangi, mencintai, membantu dan juga mendoakan sebagai bantuan yang tak tak kasat mata. Sebenarnya, kata-kata cinta islami yang paling romantis adalah saat kita mendoakan sesama dengan ikhlas. Sebagai sesuatu yang sangat rahasia, doa bisa menjadi penolong kita saat suka dan duka, apalagi jika hal ini juga kita lakukan kepada saudara-saudara kita yang seiman.

Kata Kata Cinta Islami

Baik hubungan manusia dengan Allah dan hubungan manusia dengan sesama adalah dua hal yang harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jika manusia hanya beribadah saja namun sikap sosialnya tidak bagus, maka Allah juga tidak suka dengan yang demikian. Keduanya haruslah seimbang, jangan hanya ibadah tanpa memperhatikan kehidupan dunia. Begitu juga sebaliknya, jangan hanya memikirkan kehidupan dunia tanpa melakukan ibadah. Jadi ungkapan kata-kata cinta islami ini tidak hanya tentang kekasih yang belum jelas, namun lebih luas lagi hal ini bisa kita peruntukkan kepada saudara-saudara kita seiman agar menjadi hamba yang selamat dunia akhirat.

Kata Kata Cinta Islami

Menjaga komunikasi dengan sesama sangatlah penting karena banyak sekali manusia yang saat berkomunikasi dengan manusia lain hanya terjadi sebuah perdebatan belaka yang akhirnya menimbulkan luka yang mendalam. Luka tersebut akhirnya menjadikan ia celaka. Untuk itu, sebagai hamba Allah yang baik, jagalah komunikasi kita dengan saudara-saudara kita. Saling menghargai antar sesama sangat dianjurkan dalam islam sehingga perdebatanpun tidak terjadi. Selain itu, mengenali dan menerima keterbatasan saudara kita juga salah satu hal agar kita jauh dari perselisihan karena pada dasarnya tak ada manusia yang sempurna. Setiap manusia tentu tak lepas dari kekurangan dan kesalahan. Untuk itulah menjadi pribadi yang pemaaf, lembut hati dan tidak berkata sembarangan adalah cermin dari sikap muslim yang baik. Inilah sebenarnya kata-kata cinta islami dalam islam yaitu kata yang penuh doa tanpa ada yang terluka.
Hal yang demikian diatas adalah bagian dari akhlak atau etika kita terhadap sesama agar tercipta hubungan yang harmonis. Akhlak ini tidak hanya dalam hal pembicaraan saja, namun bisa juga diartikan lebih luas misalnya saling memberi, membantu, dan sebagainya. Jika ada saudara kita yang tertimpa musibah, hendaknya kita membantu meringankan apa yang menjadi penderitaannya. Di zaman sekarang, banyak manusia yang tak peduli dengan saudaranya sendiri. bahkan, mereka tidak mau tahu dengan keadaan tersebut, yang terpikirkan hanyalah dirinya. Hal ini harus kita hindari sebagai muslim-muslimah yang baik karena inilah bentuk cinta kita pada Allah dan juga pada sesama. Kata-kata cinta islami bisa juga direfleksikan dalam hal-hal tersebut, dengan cara kita memberi, menolong dan sebagainya.

Kata Kata Cinta Islami

Kata Kata Cinta Islami

Kata Kata Cinta Islami  
Lebih sederhananya, hablum minannas ini adalah berbuat baik kepada sesama manusia yang mana hal itu bisa kita aplikasikan dalam banyak hal. Dalam alquran juga dijelaskan bahwa Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri. Hal ini juga termasuk akhlak kita kepada sesama, baik kepada keluarga, orang tua, sahabat, guru dan lainnya. Hal-hal yang tidak baik haruslah dihindari karena manusia tentu saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Jika keadaan damai, rukun dan harmonis tentu kata-kata cinta islami akan selalu terucap dan akan diaplikasikan dalam bentuk perbuatan. Kata-kata cinta islami yang menyejukkan akan selalu membuat saudaranya bahagia, senang dan tenang. Bukan kata-kata yang menyakitkan apalagi sampai terjadi perpecahan.
Show comments
Hide comments
0 Komentar untuk : Implementasi Kata Kata Cinta Islami Dalam Kehidupan Manusia